Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Suara Pecah Xiaomi Redmi 4x audio bermasalah


Mengatasi audio rusak atau suara pecah dihandphone xiaomi redmi 4x, sering kali saya dapati handphone seri ini dengan keadaan suara pecah atau orang jawa bilang (kemresek) yang intinya audio bermasalah hehehe 😅, dan kebanyakan kasus seperti ini dikarenakan handphone sebelumnya terhubung ke speaker aktif.

Mengapa bisa seperti itu ya? colok ke speaker aktif handphone malah jadi ngadat, aneh juga. Dari analisa wong ndeso seperti saya ini, kemungkinan besar memang output jack audio 3.5 dari speaker aktif ini mengeluarkan vlotase atau arus yang mungkin input dari handphone tidak kuat menerima lonjakan voltase atau arus yang diterima dari speaker aktif itu sendiri, dan seringnya dioda atau proteksi dari handphone tidak kuat membatasi voltase atau arus yang masuk dari speaker aktif, analisa bodoh saya seperti itu mungkin.

Jadi proteksi dioda tidak kuat dan akhirnya arus masuk mengenai ic powernya, mungkin ya, wkwkwk 😛. Dari berbagai kasus audio di xiaomi redmi 4x ini saya sering sekali langsung vonis ke ic powernya, entah mengapa banyak unit yang terselesaikan, padahal saya sendiri juga tidak cek satu persatu lewat skematik untuk memutuskan dibagian apakah yang rusak, terlalu memakan waktu sepertinya, walaupun memang seharusnya pengecekan lewat skematik untuk mengetahui tegangan kerja ic audio sangat diperlukan.

Lalu mengapa bisa vonis ke ic powernya ? 

Ya seperti yang saya bahas tadi, karena dari analisa ndeso saya, mungkin arus atau voltase yang masuk terlalu berlebih dan proteksi dari handphone itu sendiri tidak kuat maka arus langsung masuk ke ic powernya, analisa saya berpikir seperti itu, maklum gan sekolah gak pernah duduk bangku kuliah,wkwkwkwk 😜.

Untuk ic power dari xiaomi seri redmi 4x menggunakan ic power seri pm 8940 seperti ini penampakannya


Untuk link pembelian sparepart diatas bisa temen-temen cek disini IC Power PM8940

Oke untuk pemasangan bagaimana caranya ?

Simak tutorial selengkapnya disini


Semoga tutorial diatas bermanfaat untuk teman². Jangan lupa untuk share video ini dan subscribe Merapi Flasher Channel untuk update tutorial selanjutnya. Sisihkan hasil nota anda untuk berbagi. Maturnuwun 🙏🙏🙏.

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬